Summary of the Minutes AGM 2022

22 June 2022

Ringkasan Risalah

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan

PT. Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk

 

Dalam rangka memenuhi ketentuan ayat (1) Pasal 49 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 15/POJK.04/2020 tentang Rencana dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka (“Peraturan OJK 15/2020”), PT. Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk, suatu perseroan yang didirikan berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, berkedudukan di Jakarta Selatan dan beralamat di Millennium Centennial Center, Lt. 8, Jl. Jend. Sudirman Kav. 25, Jakarta 12920 (“Perseroan”) membuat ringkasan Risalah Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Ringkasan Risalah RUPST ini dibuat sesuai dengan ketentuan ayat (1) Pasal 51 Peraturan OJK 15/2020.

a.   Hari, tanggal, tempat pelaksanaan, waktu pelaksanaan dan mata acara RUPST

Hari dan tanggal pelaksanaan RUPST adalah Senin, 20 Juni 2022 dan tempat pelaksanaannya di Mercantile Athletic Club, Lantai 18, Gedung World Trade Center, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 31, Jakarta 12920

Waktu Pelaksanaan: pukul 10.15 s.d. 10.40 Waktu Indonesia Barat.

Mata acara RUPST:

1.   Persetujuan atas Laporan Tahunan Perseroan dan pengesahan atas Laporan Keuangan Perseroan serta Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021.

2.   Penetapan penggunaan laba Perseroan.

3.   Penunjukan Kantor Akuntan Publik untuk mengaudit buku Perseroan untuk tahun buku yang akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2022.

4.   Penetapan jumlah gaji dan tunjangan untuk para anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan.

b.  Anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan yang hadir dalam RUPST

Direksi:

- Direktur                :  Toshiyuki Ishii

- Direktur                :  Sonny Adi Nugroho

- Direktur                :  Budhy Herwindo

Dewan Komisaris:

- Komisaris Independen: Adji Baroto

c.   Jumlah saham dengan hak suara yang sah yang pemegang/pemiliknya hadir atau diwakili oleh kuasanya pada saat RUPST dan persentasenya dari jumlah semua saham yang mempunyai hak suara yang sah, yakni 10.177.790

Jumlah saham yang pemegang/pemiliknya atau kuasanya yang hadir atau diwakili dalam RUPST adalah 773.840 (tujuh ratus tujuh puluh tiga ribu delapan ratus empat puluh) saham Seri A dan 9.268.000 (sembilan juta dua ratus enam puluh delapan ribu) saham Seri B atau semuanya 10.041.840 (sepuluh juta empat puluh satu ribu delapan ratus empat puluh) saham atau 98,66% (sembilan puluh delapan koma enam enam persen) dari jumlah seluruh saham dengan hak suara yang telah dikeluarkan Perseroan.

 

 

d.  Pemberian kesempatan mengajukan pertanyaan dan/atau memberikan pendapat terkait mata acara RUPST

Pada setiap akhir pembahasan masing-masing mata acara RUPST, Ketua Rapat memberikan kesempatan kepada para pemegang saham atau wakilnya yang hadir dalam RUPST untuk mengajukan pertanyaan dan/atau memberikan pendapat.

e.   Jumlah pemegang saham yang mengajukan pertanyaan dan/atau memberikan pendapat terkait mata acara RUPST

Tidak ada pemegang saham atau kuasanya yang mengajukan pertanyaan atau memberikan pendapat pada semua mata acara RUPST.

f.   Mekanisme pengambilan keputusan RUPST

Usulan keputusan untuk semua mata acara RUPST disetujui secara sah oleh RUPST tanpa pemungutan suara (disetujui secara bulat).

h.  Keputusan RUPST

Mata Acara Pertama:

1.     Menyetujui Laporan Tahunan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021 (“Laporan Tahunan Perseroan 2021”) dan mengesahkan Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021 (“Laporan Keuangan Perseroan 2021”) termasuk Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan sebagaimana termaktub dalam Laporan Tahunan Perseroan 2021.

2.     Memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada para anggota Direksi Perseroan atas tindakan pengurusan dan pelaksanaan kewenangan yang mereka lakukan dan kepada para anggota Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengawasan yang mereka lakukan selama tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021, sepanjang tindakan mereka tercermin dalam Laporan Tahunan Perseroan 2021 yang disetujui dan dalam Laporan Keuangan Perseroan 2021 yang disahkan.

Mata Acara Kedua:

1.   Menyisihkan sebesar Rp50.000.000,00 (lima puluh juta Rupiah) untuk dana cadangan sesuai ayat 25.1 Pasal 25 Anggaran Dasar Perseroan (selanjutnya disebut “Dana Cadangan”).

2.   Menetapkan bahwa untuk tahun buku yang telah berakhir tanggal 31 Desember 2021 tidak akan ada dividen yang dibagikan kepada para pemegang saham Perseroan dan bahwa laba bersih yang tercatat dalam laporan keuangan untuk tahun buku yang telah berakhir tanggal 31 Desember 2021 setelah dikurangi dengan dana cadangan sebagaimana dimaksud dalam butir 1 di atas, akan digunakan untuk membiayai lebih lanjut perluasan usaha Perseroan, sesuai dengan yang dibutuhkan.

Mata Acara Ketiga:

1.   Menunjuk kantor akuntan publik “Purwantono, Sungkoro & Surja” untuk memberikan jasa audit atas laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku yang akan berakhir tanggal 31 Desember 2022; dan

2.   memberikan kewenangan kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menetapkan honorarium kantor akuntan publik tersebut serta persyaratan lain penunjukannya.

 

 

Mata Acara Keempat:

1.   Memberikan kewenangan kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menetapkan jumlah gaji dan tunjangan untuk para anggota Direksi Perseroan untuk tahun buku yang akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2022.

2.   Menetapkan bahwa anggota Dewan Komisaris Perseroan yang akan menerima gaji dan tunjangan hanya Komisaris Independen, yakni sejumlah Rp64.000.000,00 (enam puluh empat juta Rupiah) bersih per tahun, efektif sejak tanggal 21 Juni 2022.

Demikian Risalah RUPST ini dibuat sesuai dengan ketentuan ayat (1) Pasal 51 Peraturan OJK No. 15/2020.

Guna memenuhi ketentuan ayat (4) dan ayat (5) Pasal 68 Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, dengan ini diumumkan pula bahwa Laporan Posisi Keuangan Perseroan dan Laporan Laba Rugi Komprehensif Perseroan dari Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021 yang telah disahkan dalam mata acara pertama RUPST adalah sama dengan yang telah diumumkan dalam surat kabar harian Media Indonesia pada tanggal 31 Maret 2022.

 

Jakarta, 21 Juni 2022

Direksi Perseroan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Summary of the Minutes of

the Annual General Meeting of Shareholders of

PT. Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk

 

In compliance with the provision of paragraph (1) of Article 49 of the Regulation of the Indonesia Financial Services Authority (Otoritas Jasa Keuangan/OJK) Number 15/POJK.04/2020 regarding the Plan and Implementation of General Meeting of Shareholders of Public Companies (“FSA Regulation 15/2020”), PT. Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk, having its domicile in South Jakarta and its address at Millennium Centennial Center, 8th Floor, Jl. Jend. Sudirman Kav. 25, Jakarta 12920 (the “Company”) makes a summary of the Minutes of the Annual General Meeting of Shareholders (AGM) of the Company.

This Summary of the Minutes of the AGM is made in accordance with the the provision of paragraph (1) of Article 51 of the FSA Regulation 15/2020.

a.   Day, date, venue, time and agenda items of the AGM

The day and date of the AGM is Monday, 20 June 2022 and the venue of the AGM is Mercantile Athletic Club, 18th Floor, World Trade Center Building, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 31, Jakarta 12920

Time of the AGM:        from 10.15 until 10.40 West Indonesia Time.

Agenda items of the AGM:

1. Approval on the Annual Report of the Company and the ratification on the Financial Statements of the Company and the Report on Supervisory Duties of the Board of Commissioners of the Company for the accounting year ended on 31 December 2021.

2. Determination of appropriation of profits of the Company.

3. Designation of a Firm of Public Accountants to audit the books of the Company for the accounting year ending on 31 December 2022.

4. Determination of the salaries and allowances of the members of the Board of Directors and the Board of Commissioners of the Company.

b.  Members of the Board of Directors and the Board of Commissioners of the Company attending the AGM

Board of Directors:

- Director                :  Toshiyuki Ishii

- Director                :  Sonny Adi Nugroho

- Director                :  Budhy Herwindo

Board of Commissioners:

- Independent Commissioner : Adji Baroto

 

c.   Number of shares with legal voting rights whose holders/owners ware present and/or represented by their proxies in the AGM and its percentage of the total number of shares with legal voting rights, namely 10,177,790

The number of the Company’s shares whose holders/owners were present and/or represented at the AGM is 773,840 (seven hundred seventy-three thousand eight hundred and forty) Series A shares and 9,268,000 (nine million two hundred sixty-eight thousand) Series B shares or in total 10,041,840 (ten million forty-one thousand eight hundred and forty) shares or 98.66% (ninety-eight point six six  percent) of the total number of issued shares of the Company.

 

d.  Giving the opportunity to ask questions and/or give opinions related to the agenda of the AGM

At each end of the discussion of each of the agenda item of the AGM, the Chairman of the AGM provided an opportunity to the shareholders or their representatives who attended the AGM to ask questions and/or give an opinion.

e.   The number of shareholders who asked questions and/or gave opinions related to the agenda items of the AGM

There was no shareholders or their proxies who raise question or give opinion related to all of the agenda items of the AGM.

f.   AGM decision-making mechanism

The proposed resolutions for all of the agenda items of the AGM are validly approved by the AGM without voting (unanimously approved).

 

g.  Resolutions of the AGM

First Agenda Item:

1.   The Annual Report of the Company for the accounting year ended on 31 December 2021 (“Company’s 2021 Annual Report”) was approved and the Financial Statements of the Company for the accounting year ended on 31 December 2021 (“Company’s 2021 Financial Statements”) including the report on the supervisory duties of the Board of Commissioners of the Company as set forth in the Company’s 2021 Annual Report were ratified.

2.   Full acquittal and discharge were given to the members of the Board of Directors of the Company for their managerial actions and performance of their authorities and to the members of the Board of Commissioners of the Company for their supervisory actions during the accounting year ended on 31 December 2021, to the extent such actions are reflected in the approved Company’s 2021 Annual Report and in the ratified Company’s 2021 Financial Statements.

Second Agenda Item:

1.   Rp50,000,000.00 (fifty million Rupiah) was set aside for reserve funds pursuant to paragraph 25.1 of Article 25 of the Company’s Articles of Association (hereinafter will be referred to as the “Reserve Funds”).

2.   It was determined that for the accounting year ended on 31 December 2021 there will be no dividend to be distributed to the shareholders of the Company and that the net profits recorded in the financial statements for the accounting year ended on 31 December 2021 after having been deducted for the reserve fund referred to point 1 above will be used for further funding the Company’s business expansion, in the amount as needed.

Third Agenda Item:

1.   The firm of public accountants “Purwantono, Sungkoro & Surja” was designated to provide audit services on the financial statements of the Company for the accounting year ending on 31 December 2022; and

2.   the Board of Commissioners of the Company was authorized to determine the honorarium of such firm of public accountants and other requirements of designation.

Fourth Agenda Item:

1.   The Board of Commissioners of the Company was authorized to determine the amounts of salaries and allowances for the members of the Board of Directors of the Company for the accounting year ending on 31 December 2022.

2.   It was determined that the members of the Board of Commissioners of the Company who will receive salaries and allowances is only Independent Commissioner, which amounts to Rp64,000,000.00 (sixty-four million Rupiah) net per annum, effective as per 21 June 2022.

Thus Minutes of the AGM is made in accordance with the provision of paragraph (1) Article 51 of FSA Reg. 15/2020.

In compliance with the provisions of paragraph (4) and (5) of Article 68 of Law No. 40 Year 2007 regarding Limited Liability Company, it is herewith also announced that the Statements of Financial Position, the Statements of Comprehensive Income and Statements Cash Flows of the Company for the period ended on 31 December 2021 which was approved in the first agenda item of the AGM is the same as that was published in the daily newspaper Media Indonesia on 31 March 2022.

 

Jakarta, 21 June 2022

Board of Directors of the Company